Posted by : Unknown Sabtu, 06 Juli 2013


Pemanas air tenaga surya thermosyphon
Pemanas air tenaga surya dapat membantu Anda berhemat dan juga ramah lingkungan, tapi harga awalnya bisa mahal. Ketika membeli pemanas air tenaga surya, Anda perlu mengetahui berbagai jenis pemanas air tenaga surya yang tersedia untuk menentukan jenis yang akan bekerja optimal di rumah Anda. Sebuah pemanas air tenaga surya dapat menghemat hingga 50-80 persen dibandingkan biaya bahan bakar untuk pemanasan air konvensional, sehingga memilih opsi yang terbaik akan membantu memaksimalkan penghematan Anda.

Hal pertama yang harus dilihat adalah lokasi geografis. Meskipun sistem pemanas air tenaga surya tersedia untuk semua iklim, masing-masing daerah akan mendapatkan keuntungan dari jenis pemanas tertentu. Sebuah pemanas air tenaga surya bisa berupa sistem aktif atau pasif.Pemanas air tenaga surya aktif menggunakan pompa sirkulasi dan kontroller, sedangkanpemanas air tenaga surya pasif tidak menggunakannya. Itu berarti pemanas air tenaga surya sistem aktif membutuhkan listrik dan sistem pasif tidak membutuhkan listrik. Pemanas air tenaga surya pasif paling baik bila digunakan di iklim hangat.

Pemanas air tenaga surya aktif terdiri dari sistem sirkulasi langsung atau tidak langsungSistem sirkulasi tak langsung bekerja pada iklim yang jarang membeku, sedangkan iklim dingin akan membutuhkan sistem sirkulasi langsung. Sistem sirkulasi langsung menggunakan cairan pentransfer panas anti-beku yang bersirkulasi melewati kolektor. Cairan ini mengumpulkan panas yang kemudian ditransfer ke air yang digunakan di rumah. Sistem langsung mengedarkan air yang minum secara langsung melewati kolektor tanpa membutuhkan cairan pentransfer panas.

Untuk sistem pasif, tersedia dua jenis pemanas air tenaga surya. Yang pertama adalah sistem kolektor-penyimpanan terpadu (ICS) dimana tangki penyimpanan bertindak sebagai kolektor. Biasanya tangki ini dicat hitam. Matahari memanaskan air secara langsung, maka tekanan air domestik akan mendorong air yang telah dipanaskan mengalir menuju keran atau tangki penampungan dalam rumah. Yang kedua adalah sistem thermosyphon dimana tangki penyimpanan dipasang di atas kolektor dan gravitasi akan mendorong air panas menuju tangki, tetapi sistem ini harus dipasang di atap dan karenanya tidak sesuai untuk semua rumah.

Jadi, ketika memilih pemanas air tenaga surya, pertama harus ditentukan jenis yang sesuai untuk iklim di mana sistem akan diinstal. Selanjutnya, tentukan jumlah energi surya yang tersedia. Ini akan membantu menentukan efisiensi sistem surya. Jumlah air panas yang diperlukan juga harus diperhatikan. Hal ini menentukan ukuran dan jenis kolektor dan tangki penyimpanan. Akhirnya, periksa harga dan pertimbangkan semua faktor-faktor lain yang menentukan penghematan terbesar dan sistem yang paling efisien, ukuran, dan penggunaan di rumah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Electric Power -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -