Posted by : Unknown Senin, 08 Juli 2013



Pemanas air tenaga surya di Yerusalem
Menurut catatan, kolektor surya di Amerika Serikat telah digunakan sebelum tahun 1900, yang berupa tangki bercat hitam yang dipasang di atap rumah. Pada tahun 1896 Clarence Kemp of Baltimore, Amerika Serikat, menutup tangki air dengan kotak kayu, sehingga menciptakan 'pemanas air batch' pertama kalinya seperti yang dikenal pada saat ini. Meskipun kolektor pelat datar pemanas air tenaga surya telah digunakan di Florida dan California Selatan sejak tahun 1920, lonjakan kebutuhan akan pemanas air tenaga surya di Amerika Utara baru terjadi setelah tahun 1960, terutama setelah krisis minyak tahun 1973.

Di Mediterania
Israel dan Siprus adalah negara pengguna pemanas air tenaga surya per kapita yang terbanyak dengan lebih dari 30%-40% pengguna rumah tangga.

Sistem pemanas air tenaga surya pelat datar telah disempurnakan dan digunakan pada skala yang sangat besar di Israel. Pada tahun 1950 terjadi kekurangan bahan bakar di negara baru Israel, dan pemerintah melarang memanaskan air diantara jam 10:00-06:00. Levi Yissar membangun prototipe pemanas air tenaga surya pertama kali di Israel dan pada tahun 1953 ia meluncurkan NerYah Company, produsen pemanas air tenaga surya komersial pertama Israel. Meskipun ada kelimpahan sinar matahari di Israel, pemanas air surya digunakan oleh hanya 20% dari populasi pada tahun 1967. Menyusul krisis energi pada tahun 1970, pada tahun 1980 Knesset Israel mengesahkan undang-undang yang mengharuskan pemasangan pemanas air tenaga surya di semua rumah baru (kecuali bangunan tinggi dengan luas atap tak mencukupi). Akibatnya, Israel sekarang menjadi pemimpin dunia dalam penggunaan energi surya per kapita dengan 85% rumah tangga saat ini menggunakan sistem pemanas air tenaga surya (3% dari konsumsi energi primer nasional), diperkirakan memberikan penghematan 2 juta barel (320.000 m3) minyak per tahun.

Pada tahun 2005, Spanyol menjadi negara pertama di dunia yang mengharuskan instalasiphotovoltaicelectricity di bangunan baru, dan yang kedua (setelah Israel) mengharuskan instalasi sistem pemanas air tenaga surya pada tahun 2006.

Asia-Pasifik
Penggunaan pemanas air tenaga surya di dunia tumbuh cepat setelah tahun 1960, karena sistem yang dipasarkan di Jepang dan Australia telah mampu meningkatkan kinerja, masa pakai harapan dan kemudahan penggunaan dari sistem ini. Instalasi pemanas air tenaga surya telah menjadi keharusan di negara-negara dengan kelimpahan radiasi matahari, seperti di Mediterania, Jepang dan Australia.

Kolombia juga mengembangkan industri pemanas air tenaga surya lokal, yang di desain oleh Las Gaviotas. Didorong oleh keinginan untuk mengurangi biaya energi, tim Gaviotas mempelajari sistem terbaik dari Israel, dan membuat adaptasi untuk memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh Banco Central Hipotecario (BCH) yang menentukan bahwa sistem harus beroperasi di kota-kota seperti Bogotá di mana terdapat lebih dari 200 hari mendung. Desain utama ini begitu sukses sehingga Las Gaviotas yang ditawarkan pada tahun 1984 memberikan garansi 25 tahun pada berbagai sistem yang diinstalnya. Lebih dari 40.000 sistem dipasang, dan masih berfungsi seperempat abad kemudian.

Australia memiliki berbagai insentif (nasional dan negara bagian) dan regulasi (negara bagian) untuk sistem pemanas air tenaga panas matahari, dimulai dengan diperkenalkannya MRET pada tahun 1997.

Sistem pemanas air tenaga surya telah menjadi sangat populer di Cina, dimana model dasar dibandrol sekitar 1.500 yuan (US $ 235), jauh lebih murah dibandingkan di negara-negara Barat (sekitar 80% lebih murah untuk kolektor ukuran tertentu). Disebutkan bahwa setidaknya 30 juta rumah tangga Cina sekarang memiliki setidaknya satu unit, dan popularitas ini terjadi karena kolektor evacuated-tube yang efisien memungkinkan pemanas dapat berfungsi bahkan di bawah langit kelabu dan pada suhu di bawah titik beku.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Electric Power -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -